Teknik Elektronika Industri

     Materi yang dipelajari meliputi aplikasi sistem elektronika digital, elektronika computer, sistem mikroprosesor dan mikrokontroller, rangkaian elektronika terapan dan elektronika Industri, program sistem pengendali elektronik berbasis mikroprosesor,  mikrokontroller, PLC dan Komputer,  sistem pengendali dan sistem otomasi elektronika.

     Kalau kita menceritakan dan mengupas di balik istimewanya sekolah kita yang luar biasa ini memang nggak pernah ada habisnya. Nah, maka tak ada salahnya ya kalau kita menelisik keunikan dan asiknya jurusan yang berada di lingkup Elektronika Industri. Cekidot ya!

   Okey.. Pastinya nggak asing lagi dong, dengan satu jurusan yang nggak usah diragukan lagi prestasi dan pembimbingannya yang cukup ketat dibandingkan jurusan elektro lainnya. Baiklah.. Sekarang kita akan membahas tentang jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI). Jurusan ini memiliki pembelajaran yang kompleks dengan peralatan dan ruang praktik yang memadai. Bisa dikatakan peralatan dan media pembelajaran untuk memproduksi benda elektro udah berkualitas tinggi. Selain itu, dengan adanya mesin CNC (Computer Numerical Control) untuk PCB (Printed Circuit Board) yang mempermudah dan mempercepat mencetak PCB tanpa proses pelarutan.

     Tak hanya itu ya, jurusan TEI ini tidak hanya berkecimpung di dunia elektro aja lho, tapi juga mempelajari beberapa materi di jurusan lain, misalnya materi Pneumatik yang populer di kalangan anak-anak Teknik Mekatronika. Selain itu, materi Control Panel yang terkenal Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik juga kami pelajari. Gimana nggak luar biasa? Masih kurang juga nih betapa kerennya TEI?

     Nah bener kan? Apa coba yang nggak ada di TEI? Kurang lengkap apanya lagi coba.. Selain peralatan yang lengkap, ruang praktik untuk pembelajaran juga cukup nyaman sebagai basecamp untuk mencari inspirasi kerja bengkel. Masih ragu dengan jurusan TEI? Takut masa depan suram? Santai aja Brooo.. pembelajaran di jurusan ini menggunakan sistem belajar seperti di dunia kerja sesungguhnya. Sebagai contoh nih ya, saat pembelajaran praktik bengkel para siswa akan menghadapi berbagai job dengan kurun waktu tertentu dan target pekerjaan yang harus maksimal. Model pembelajaran demikian akan membuat kebiasaan positif agar para siswa terbiasa dengan tantangan pada setiap tugas praktikum. Ditambah lagi dengan asah kemampuan persiapan kerja di perusahaan melalui kegiatan Prakerin (Praktik Kerja Industri), membuat kami semakin terdidik untuk selalu siap siaga bekerja di dunia industri.

     Banyak deh pokoknya keuntungan memilih jurusan ini. Kalau diterusin ceritanya lagi, bisa kayak novel nanti, hehehe. Jurusan TEI adalah jurusan yang outputnya dapat menghasilkan lulusan berkualitas dan handal di bidang elektronika. Maka jangan sampai nyesel ya kalian yang belajar di Jurusan TEI, bagi yang di Jurusan lain, selamat mengembangkan bakat kalian sesuai passion masing-masing ya. Keren ya Guys! Semoga menginspirasi ya!